Tuesday, July 3, 2012

Program Sertifikat I Guru BIPA

Sertifikat Guru BIPA

Tujuan dari Program Sertifikat I Guru BIPA

Program Sertifikat I Guru BIPA ini memberikan pelatihan kepada para peserta agar mereka mampu:

  1. menerapkan pendekatan, metode, dan teknik mutakhir dalam bidang pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). 
  2. mengajar siswa BIPA yang memiliki latar belakang pendidikan dan budaya yang berbeda dalam lingkungan belajar yang aman dan nyaman. 
  3. menerapkan strategi mengajar untuk memacu dan mamicu terjadinya proses belajar yang efektif dan efisien serta membantu siswa menghadapi kesulitan belajar yang merekahadapi. 
  4. mendorong timbulnya kesadaran budaya pada siswa BIPA sebagai bagian dari kegiatan belajar serta untuk merefleksikan semuanya ini dalam setiap kegiatan belajar di dalam kelas. 

Materi Program Sertifikat I Guru BIPA

Materi pelajaran Program Sertifikat I Guru BIPA dikelompokkan atas kategori pengajaran:
  1. Keterampilan makro bahasa Indonesia. 
  2. Tata Bahasa dan kosakata
  3. Strategis pengajaran terpadu
  4. Pemilihan, pemilahan, dan pengembangan bahan ajar
  5. Perencanaan pengajaran 
  6. Kesadaran budaya dalam BIPA 
  7. Pengajaran mikro dan teman sebaya 

Peserta Program Sertifikat I Guru BIPA

Guru bidang studi bahasa Inggris

Kursus ini sangat dianjurkan bagi guru yang berkeinginan untuk mengikuti program pertukaran guru dengan pisak luar negeri (Australia). Keterampilan yang akan diterima pada pelatihan dapat ini akan memberikan dimensi lain pembelajaran bahasa yang dilakukan orang asing. Hal ini kelak akan dapat direlefksikan pada pengajaran bidang studi yang sedang diasuh.

Guru bidang studi bahasa Indonesia

Mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing ternyata memiliki dimensi yang sangat berbeda dengan mengajar bahasa Indonesia bagi siswa Indonesia sendiri. Ada aspek-aspek spesifik pengajaran BIPA yang tidak akan ditemui pada proses pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa Indonesia.

Guru bidang studi lain (kesenian)

Kursus ini akan memberikan keterampilan bagi guru bidang studi non-bahasa yang tidak saja akan menambah khazanah pengalaman mengajar tetapi juga proses pembelajaran yang dihadapi oleh orang asing.

Fasilitator Program Sertifikat I Guru BIPA

Program pelatian ini dirancang oleh APBIPA Bali dan disampaikanoleh dua fasilitator utama:

Nyoman Riasa adalah seorang instruktur BIPA dan perancang berbagai kursus BIPA yang telah banyak terlibat dalam manajemen program BIPA lebih dari 15 tahun. Nyoman Riasa juga seorang konsultan BIPA pada Pusat Bahasa, Departemen Nasional Pendidikan, Jakarta dan Koordinator Program pada APBIPA Bali serta pengurus APBIPA Nasional.

Selama 13 tahun (1994-2006) Nyoman Riasa dalam program manajemen BIPA di IALF Bali dengan jabatan sebagai Program Manager. Sebelumnya ia adalah dosen bahasa Inggris pada PS Bahasa Inggris FKIP UNUD di Singaraja.

Biaya Program Sertifikat I Guru BIPA


Biaya untuk mengikuti pelatihan ini adalah Rp.60.000,- per orang.


Pendaftaran Program Sertifikat I Guru BIPA


Untuk mengkikuti kursus ini setiap calon diminta untuk mengiri formulis pendaftaran dan mengirimkannya kepada panitia dan mengirimkan bukti transfer bank. Pendaftaran dan slip pembayaran dikirimkan lewat email dalam format dokumen JPEG PDF ke salah satu alamat email di bawah ini.

Batas terakhir untuk pendaftaran dan pembayaran uang kursus adalah hari Senin, seminggu sebelum tanggal kursus.

Untukinformasi lebih lengkap, silakan hubungi Made Sariyanta melalui email di  sertifikatgurubipa@gmail.com Mobile 081 934 320104.